Hmm pada saat searching-searching mengenai animasi flash, tiba-tiba aja gue nemuin satu software yang sama sekali asing buat gue. Namanya SwishMax.
Gue penasaran dan akhirnya mulai mencari, apa sih sebenernya SwishMax itu?Dari web-web flash yang pembuatannya menggunakan software ini, bener-bener bikin gue pengen banget belajar SwishMax itu, asli keren banget hasil jadinya.
Dari yang cuma ngeliat animasi flash tiu bikinnya cuma pake Adobe Flash doang, gue mulai melirik software yang satu ini. Dan mulai mencari-cari tutorialnya.
Oia, bagi yang belum tau, ternyata di Indonesia ini punya komunitas SwishMax sendiri lho. Kalian bisa buka aja di sini http://www.djagoswish.web.id
Saat ini ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa digunain untuk membuat sebuah game, seperti C,C++, visual basic. Tapi saat ini telah bermunculan program-program animasi di antaranya adalah Adobe Flash dan SwishMax. Animasi yang dihasilkan dari program-program ini adalah berformat Flash movie (swf).
Animasi-animasinya lebih sering digunakan untuk movie/film, banner iklan, button, navigasi atau presentasi, baik dalam sebuah homepage maupun berdiri sendiri.Program ini dapat didownload secara gratis versi trialnya di http://www.swishzone.com Dari beberapa program animasi yang ada, menurut gue, SwishMax lah yang paling mudah untuk digunain dan mungkin juga telah menarik minat banyak kaum flasher maupun web developer. Karena, Swishmax memiliki fitur yang cukup untuk menghasilkan animasi komplek yang indah,baik animasi teks, image, grafik dan suara.
SwishMax merupakan pengembangan dari Program Swish v.2, yang kini telah memiliki 230 bulit-in efek seperti efek Explode, Vortex, 3D Spin, Snake dan banyak lainnya. Seperti halnya Swish,SwishMax juga memilki alat bantu untuk membuat garis, kotak, elips, kurva bazier, gerak animasi,sprite, tombol roll over dan lainnya.Format dasar SwishMax adalah swi file, namun dapat juga diekspor kedalam file flash (swf), movie(avi) ataupun execute(exe) program yang dapat dijalankan berdiri sendiri. Sehingga animasi Swishmax dapat diletakkan langsung di web, atapun diikutkan dalam presentasi Microsoft Powerpoint dan Microsoft word.
Komponen-komponen Swishmax
a) Main Menu
menu-menu yang akan sering kita gunakan. Main menu terletak di bagian paling
atas dari window SwishMax.Menu-menu ini juga dapat diakses melalui tollbar-toolbar
yang ada.
diletakkan dalam suatu area yang akan digunakan untuk menghasilkan suatu objek.
Tollbox secara default teretak paling kiri dari Panel Layout .
Movie itu sendiri terdiri dari satu atau lebih scene, dan setiap scene
memiliki satu atau lebih timeline.Timeline adalah kumpulan beberapa frame. Dari
setiap timeline dari sebuah scene dapat kita tepatkan objek, dan objek itu dapat
pula kita beri efek. Efek-efek akan mulai dan berhenti pada frame tertentu dan
dapat dikontrol melalui Script.
Untuk membuat sebuah movie baru, kita tinggal menekan tombol File >
New atau menekan bersamaan tombol CTRL dan tombol N.
B. Scene
Scene adalah kumpulan dari beberapa objek yang telah diberi efek-efek
tertentu dalam sebuah timeline. Scene baru dapat dibuat dengan menekan tombol
Insert > Scene. Untuk menambahkan sebuah objek ke dalam Scene, kita cukup
menekan salah satu objek yang ada pada Tollbox, kemudian klik atau drag pada
Layout Panel dimana kita akan menempatkan objek tersebut.
C. Timeline dan Frame
Timeline merupakan kumpulan dari frame-frame, yang dimulai dari
frame sebelah kiri dan berakhir pada frame sebelah kanan.Sedangkan baris-baris
di bawahnya merupakan frame yang berhubungan dengan objek-objek yang ada pada Scene. Baris-baris tersebut ditampilkan dalam urutan tertentu, di mana obyek
yang lebih di atas akan tampil lebih di atas dalam tampilan pada layout.
Hanya mengandung sebuah elemen/elemen tunggal. Obyek sederhana
dalamSwishMax meliputi : Shape Objects, Button Objects, Sprite Objects,
Instance Objects, Text Objects (input, dynamic dan static dimana “Target”
dicentang), Groups Objects (yang diberi nama dan “Target” dicentang), Sound
Objects.
- Text Objects (statics dan “Target” tidak dicentang)
- Groups Objects ( yang tidak diberi nama atau “Target” tidak
dicentang)
E. SwisHscript
SwisHscript merupakan pengganti dari Panel Action pada Swish v.2.
SwisHscript adalah bahasa yang digunakan dalam SwisHmax untuk memprogram
sebuah movie dan item-itemnya dalam sebuah movie.
SwisHscript dapat digunakan untuk :
- mendifinisikan Action-action yang akan terjadi pada suatu frame tertentu, ketika
dua buah obyek bertemu/bertabrakan, atau ketika kita akan meng-input variable
dari file external.
- Mengontrol dalam pemakain suara/sounds
dari mouse ataupun keyboard. Sebuah Event dapat memicu lebih dari satu actions.
G. Actions
Actions adalah sebuah perintah yang dipicu oleh sebuah event. Action
dapat mengubah permainandari movie, memainkan atau menghentikan
suara/sound, memanggil movie atau halaman web lain,atau berkomunikasi dengan
browser host atau player. Property Action berada bersamaan dengan Event,
dengan mengklik kanan tombol mouse pada sebuah event.
atas dari window SwishMax.Menu-menu ini juga dapat diakses melalui tollbar-toolbar
yang ada.
b) Tollbox
Toolbox merupakan sekelompok tombol-tombol sebagi alat bantu yangdiletakkan dalam suatu area yang akan digunakan untuk menghasilkan suatu objek.
Tollbox secara default teretak paling kiri dari Panel Layout .
tampilan SwishMax |
Elemen Dasar SwishMax
A. MovieMovie itu sendiri terdiri dari satu atau lebih scene, dan setiap scene
memiliki satu atau lebih timeline.Timeline adalah kumpulan beberapa frame. Dari
setiap timeline dari sebuah scene dapat kita tepatkan objek, dan objek itu dapat
pula kita beri efek. Efek-efek akan mulai dan berhenti pada frame tertentu dan
dapat dikontrol melalui Script.
Untuk membuat sebuah movie baru, kita tinggal menekan tombol File >
New atau menekan bersamaan tombol CTRL dan tombol N.
Scene adalah kumpulan dari beberapa objek yang telah diberi efek-efek
tertentu dalam sebuah timeline. Scene baru dapat dibuat dengan menekan tombol
Insert > Scene. Untuk menambahkan sebuah objek ke dalam Scene, kita cukup
menekan salah satu objek yang ada pada Tollbox, kemudian klik atau drag pada
Layout Panel dimana kita akan menempatkan objek tersebut.
Timeline merupakan kumpulan dari frame-frame, yang dimulai dari
frame sebelah kiri dan berakhir pada frame sebelah kanan.Sedangkan baris-baris
di bawahnya merupakan frame yang berhubungan dengan objek-objek yang ada pada Scene. Baris-baris tersebut ditampilkan dalam urutan tertentu, di mana obyek
yang lebih di atas akan tampil lebih di atas dalam tampilan pada layout.
D. Object
- Object SederhanaHanya mengandung sebuah elemen/elemen tunggal. Obyek sederhana
dalamSwishMax meliputi : Shape Objects, Button Objects, Sprite Objects,
Instance Objects, Text Objects (input, dynamic dan static dimana “Target”
dicentang), Groups Objects (yang diberi nama dan “Target” dicentang), Sound
Objects.
- Object Kompleks
Obyek komplek terbuat dari beberapa shape. Obyek ini meliputi :- Text Objects (statics dan “Target” tidak dicentang)
- Groups Objects ( yang tidak diberi nama atau “Target” tidak
dicentang)
SwisHscript merupakan pengganti dari Panel Action pada Swish v.2.
SwisHscript adalah bahasa yang digunakan dalam SwisHmax untuk memprogram
sebuah movie dan item-itemnya dalam sebuah movie.
SwisHscript dapat digunakan untuk :
- mendifinisikan Action-action yang akan terjadi pada suatu frame tertentu, ketika
dua buah obyek bertemu/bertabrakan, atau ketika kita akan meng-input variable
dari file external.
- Mengontrol dalam pemakain suara/sounds
F. Events
Event dapat terjadi ketika movie mencapai suatu frame tertentu, respondari mouse ataupun keyboard. Sebuah Event dapat memicu lebih dari satu actions.
Actions adalah sebuah perintah yang dipicu oleh sebuah event. Action
dapat mengubah permainandari movie, memainkan atau menghentikan
suara/sound, memanggil movie atau halaman web lain,atau berkomunikasi dengan
browser host atau player. Property Action berada bersamaan dengan Event,
dengan mengklik kanan tombol mouse pada sebuah event.
wah bagus sekali infonya.
ReplyDeleteterima kasih ya..jadi menambah refrensi ilmu haha
Thanks ya atas penjelasannya
ReplyDelete