Wednesday, May 25, 2011

Mitos Burung Hantu

Beberapa Mitos tentang Burung hantu

1. Bohemian Club
 Bohemian Club (BC) adalah sebuah organisasi bagi orang terkenal dan kaya yang dilangsungkan selama 2 minggu setiap tahunnya. Kelompok rahasia ini, yang tidak mendapat perhatian wartawan, mempunyai patung burung hantu setinggi 40kaki sebagai pusat symbol. Setiap tahunnya, diperkirakan sekitar 1.500 orang menghadiri pertemuan ini. Mereka adalah CEO berpengaruh di dunia, orang-orang pemerintah, finance, industri, dan penguasa media berkumpul untuk mendengarkan pidato, propaganda, jaringan, dan saling membagi agenda. Mereka juga mengadakan upacara Druid-like depan patung, lengkap dengan pakaian, api, mantera dan ritual-ritual lainnya.

2. Mata Uang US$
 Dilihat Itu adalah gambar owl (burung hantu) yang bersembunyi di lembaran $1.
Tapi mengapa burung hantu digunakan sebagai symbol – itu kan hanya burung saja?, tiap Negara juga memilik burung nasional yang digunakan pada bendera atau lambang Negara.
Dewi iblis Lilith dilambangkan dalam sejarah sebagai burung hantu.

Burung hantu adalah burung yang aktif pada malam hari, menangkap mangsanya dengan cakarnya yang kuat. Burung hantu sendiri juga diasosiasikan dengan kebijaksanaan, buku (menjadi lambang wartawan di amerika), pengetahuan akan occult, shamanisme dan bulan juga sering menjadi rujukan. Burung hantu memiliki ekor pendek, dan tak terdengar bila terbang, seperti pesawat stealth . Burung hantu sepertinya ingin tahu akan segala sesuatu tapi mereka akan menunggu dengan tenang hingga waktunya tepat untuk mencapai tujuan mereka (menangkap atau mengalahkan mangsa mereka).

3. Walt Disney
Setiap orang pernah mendengar (melalui buku cerita, walt Disney movies) perkataan ”Wise as an Owl…” (bijaksana seperti burung hantu). Tapi tahukah anda dari mana asal frase ini? Frase ini muncul dari ”goddess of wisdom” yang juga digambarkan sebagai seekor burung hantu. Cobalah menggunakan search engine dan cari term “owl” dan “symbol” maka akan muncul berbagai macam referensi untuk owl sebagai symbol dari Athena. Pada kenyataannya, nama scientific untuk burung hantu adalah ”Athene Noctua”. mungkin juga anda pernah melihat film-film yang menampilkan dewi Athena dengan burung hantu sebagai pet nya. Koin orang Athena, memiliki Athena dan burung hantu pada sisi-sisinya. Sehingga koin ini disebut juga owl coin.

4.Coin Athena
Penyihir raja Arthur, Merlin, selalu digambarkan dengan burung hantu pada pundaknya (oh.. jangan lupa juga film Harry Potter). Burung hantu adalah symbol yang tak tergantikan untuk intelegensi dan kebijaksanaan.
Athena juga di panggil sebagai ”Simiramas” (dalam kebudayaan bangsa laen), dan Athena juga di kenal dengan nama Ishtar, a.k.a Isis.

Isis dikenal sebagai ”goddess of Towers” (a master builder) dan juga ”goddess of wisdom” sehingga burung hantu juga merupakan bentuk lain dari Isis.



5. Symbol Pagan di Capitol City
Jika anda mengunjungi Washington DC melalui Google Earth, maka jangan terkejut jika anda akan mendapati beberapa gedung dan bentuk arsitektur yang berasal dari paganism, patung-patung burung hantu, setan, dewa-dewa pagan, Satanism dll. Amerika mengadopsi symbol-simbol dari misteri mesir.


Beberapa Mitos Lainnya
- Di Indian, burung hantu sebagai penolong dan melambangkan kebijaksanaan
- Di Yunani, pelindung pasukan perang
- Di Roma, burung ini melambangkan kematian kalau dia datang ke sebuah rumah, kematian Julius Caesar, Augustus, Commodus Aurelius, dan Agrippa semua diprediksi oleh datangnya burung hantu.
- Mimpi burung hantu berarti akan dirampok, tapi kalau di Indian, mimpi burung hantu represent death.
- Di Roma lagi, burung hantu jelmaan tukang sihir yang kerjanya minum darah bayi-bayi.
- Kalau ada orang sakit liat burung hantu lewat di jendela nantinya dia bakal meninggal O.o
- Nothern England = kalau liat burung hantu bisa bawa keberuntungan.
- Ada juga kepercayaan kalau ada burung hantu bunyi, itu lagi manggil roh, kalau misal ada manusia yang niruin bunyinya, dianggep jawaban dari siulan burung hantu, dan kalau burung itu nggak respon lagi ama siulan ni orang, orang tersebutb akan terpanggil jiwanya alias meninggal O.o
- yang bunuh burung hantu bakal mati juga as soon as posible ;D
- bulu burung hantu ditaruh di samping bantal bayi supaya cepet tidur.

Itu sebagian mitos yang dikumpulkan. Cuma mitos, balik lagi kita percaya kepada yang Di Atas.

~Burung Hantu di mata dunia

Lalu apa cuma suku Minahasa saja yang meanggap burung Manguni itu sakral?. Ternyata tidak!.
Burung Manguni yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Owl. Di Amerika Utara dan Amerika Selatan, burung hantu hidup di liang bawah tanah. Mereka menggali sendiri atau menggunakan liang bekas binatang lain seperti tikus tanah.
Panjang burung hantu asal Amerika Utara sekitar 13 cm. Burung hantu juga ada yang berasal dari Kutub Utara,
mereka memangsa lemming, dan bersarang di tanah, bukan pohon

Burung hantu Lammergeier menjatuhkan tulang-tulang ke bebatuan untuk
dipecahkan dan memperoleh sumsum tulang di dalamnya.

Burung hantu Peregrine Falcon adalah burung hantu tercepat di dunia
ia dapat menukik dengan kecepatan mencapai 350 km/jam. Wah, luar biasa bukan?

Burung hantu pemakan bangkai tercatat bisa terbang di ketinggian
lebih dari 11.000 m, sama dengan tingginya pesawat jet.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...