Sunday, May 22, 2011

Fakta-fakta Menarik Tentang Burung Hantu

1. Burung hantu termasuk ordo strigiformes.
ordo strigiformes dibagi menjadi dua keluarga, burung hantu gudang (keluarga tytonidae) dan burung hantu khas (keluarga strigidae). Burung hantu adalah kelompok burung beragam, dengan lebih dari 220 spesies burung hantu ordo strigiformes.
2. Burung hantu adalah karnivora.
burung hantu adalah burung pemangsa.
Burung hantu memakan berbagai mangsa mamalia termasuk, burung lain, serangga, dan reptil. Bahkan ada beberapa spesies burung hantu yang hidup di afrika dan asia yang memakan burung. Burung hantu tidak bisa mengunyah mangsa mereka karena, seperti semua burung, mereka tidak memiliki gigi. Sebaliknya, mereka menelan utuh mangsa kecil dan harus merobek robek mangsanya jika lebih besar agar menjadi potongan kecil sebelum menelannya.
3. Struktur kaki burung hantu disebut sebagai zygodactyl.
ini berarti bahwa dua dari jari kaki mengahadap ke depan sementara dua wajah ke belakanglainnya menghadap belakang. Susunan ini memungkinkan burung hantu untuk menangkap dan mencengkram mangsa dengan lebih mudah. Terkadang, kaki ketiga bisa diputar maju agar lebih mudah ketika bertengger.
4. Kebanyakan burung hantu aktif di malam hari.
kebanyakan burung hantu aktif pada malam hari.namun ada juga sebagian kecil spesies (seperti burung hantu kerdil) yang aktif di pagi hari atau di senja sementara beberapa (seperti burung hantu liang dan burung hantu bertelinga pendek) yang aktif di siang hari.


5. Mata burung hantu tidak dapat bergerak.
burung hantu tidak bisa menggerakkan mata mereka seperti mata manusia, yang berarti mereka harus menggerakkan kepala mereka untuk melihat ke arah yang berbeda. Karena mata burung hantu telah menghadap ke depan, mereka memiliki penglihatan yang berkembang dengan baik. Burung hantu tidak bisa memutar kepalanya kebelakang. Mereka hanya dapat memutar kepalanya 135 derajat ke arah samping,sehingga dapat melihat ke belakang bahunya sendiri, dengan total sudut penglihatan 270 derajat.
6.banyak jenis burung hantu memiliki bulu penerbangan khusus agar tidak terdeteksi.
burung hantu telah mengembangkan adaptasi bulu khusus yang memungkinkan mereka untuk meminimalkan suara yang dibuat ketika mengepakkan sayap mereka. Misalnya, ujung bulu utama mereka memiliki pinggiran kaku yang mengurangi kebisingan sementara bagian pangkal dan tengah mereka memiliki pinggiran lunak yang membantu untuk mengurangi turbulensi. Bulu bulu halusnya menutupi permukaan sayap untuk mengurangi suara
7. Burung hantu mampu menciptakan berbagai macam vokalisasi.
burung hantu dapat menciptakan berbagai suara atau vokalisasi.suara pada umumnya digunakan untuk menandai teritorial, meskipun tidak semua spesies sama. Beberapa burung hantu yang lain ada yang berteriak,mengeram dan mendesis.
8.mereka berada dimana-mana.
burung hantu dapat ditemukan di semua wilayah bumi kecuali antartika, sebagian besar greenland dan beberapa pulau-pulau terpencil.
9. Burung hantu suka menyendiri.
meskipun burung hantu suka menyendiri,mereka juga bisa hidup berkelompok.
10. Burung hantu ternyata rabun dekat.
burung hantu menderita rabun dekat dan tidak dapat melihat sesuatu dengan jelas dalam jarak beberapa sentimeter dari mata mereka.
Mangsa yang ditangkap bisa dirasakan oleh burung hantu dengan penggunaan filoplumes, bulu rambut kecil pada paruh dan kaki yang bertindak sebagai "antena". Penglihatan jauh mereka, terutama dalam cahaya rendah,sangat baik

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7072998





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...